Senin, 17 Oktober 2016

Roti Manis Pertamaku (Adonan diuleni tanpa mixer)

Roti manis adalah kesukaan kami untuk sarapan. Hampir setiap pagi kami mengkonsumsinya, biasanya kami beli ‘Sari Roti’ di Minimarket saat pulang kerja.  Tapi hari ini, saya coba membuatnya dengan resep sbb :

260 gr tepung terigu cakra,
10-15 gr  gr susu bubuk
60-70 gr gula pasir
5 gr ragi fermipan (2 sdt)
2 btr kuning telur
70 ml susu cair
50 ml air es (2 sdm)
0,5 sdt garam
60  gr mentega
1 Kuning telur utk olesan Untuk olesan
Coklat, keju dan sosis utk isian

Cara membuat :
Terigu, susu bubuk, gula pasir, dan ragi dicampur dan aduk hingga rata.
Setelah rata masukkan sedikit demi sedikit campuran kuning telur, susu cair, air es. Uleni hingga setengah kalis.

Lalu campurkan mentega dan garam, uleni lagi adonan hingga kalis. Kalo pake mixer hanya butuh waktu 30 menit adonan jadi kalis, tapi karena saya ngga pake mixer alias manual, adonan diuleni, ‘diwenyed-wenyed’, diuwel-uwel, dan dibanting-banting ke lantai yang sudah dilapisi plastik. Dengan cara manual ini saya butuh waktu sekitar 1 jam hingga adonan jadi Kalis artinya adonan sudah tidak lengket dan tidak pecah ketika ditarik/dilebarkan.
(nasehat bijak  ketika membuat adonan tanpa mixer : niatkan kita akan berolahraga ketika akan bikin adonan roti, karena energy yang dibutuhkan lumayan besar…. Ngebanting-banting adonannya ngga usah pake emosi nanti lantai bisa retak….hehehehe)

Setelah kalis, simpan adonan diwadah/baskom, diamkan sekitar 15-30 menit, tutupi dengan kain atau plastik (adonan akan mengembang kira-kira menjadi 2 kali lipat dibanding semula). Ini tahap krusial, jangan membiarkan adonan terlalu lama, kata adik saya yang biasa bikin roti, maksimal adonan dibiarkan 1 jam, kalo lebih lama dari itu adonan akan berbau asam.
Setelah adonan mengembang, Potong-potong adonan dan buat menjadi bulat-bulat semau kita. Uleni sebentar dan setelah berbentuk bulat / lonjong diamkan 10-15 menit.

Masukan isian coklat, keju atau sosis. Diamkan sekitar 30 menit lalu siap dimasukkan ke dalam oven. Sebelum dimasukkan ke dalam oven, olesi bagian atas roti dengan kuning telur. Panggang selama 20 menit atau hingga roti menjadi empuk dan matang. Setelah diangkat 
hasilnya :....



Selamat mencoba, semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar